RSS

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer atau Laptop

06 Nov

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca_9

Flashdisk merupakan salah satu tempat penyimpanan data eksternal dalam bentuk sederhana. Ada banyak jenis flashdisk, biasanya flashdisk digolongkan berdasarkan kapasitas yang ada dalam flashdisk tersebut. Dalam tulisan kali ini bukan akan membahas mengenai jenis-jenis flashdisk tapi akan membahas bagaimana cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di komputer atau laptop. Masalah tidak terbacanya flashdisk di komputer ini bisa terjadi pada semua flashdisk. Ada beberapa penyebab flashdisk tidak terbaca, penyebab ini bisa terjadi karena flashdisk yang memang sudah rusak, port USB yang sudah rusak, ataupun bisa jadi karena pengaturan dalam komputer Anda.

Sebelum menginjak ke masalah bagaimana cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di komputer hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi apakah masalah flashdisk tidak terbaca ini karena kerusakan flashdisk atau karena pengaturan komputer Anda yang belum benar. Jika flashdisk tidak bisa terbaca di komputer atau laptop Anda, cek di komputer lain apakah bisa terbaca atau tidak. Jika memang di semua komputer tidak bisa terbaca, maka kerusakannya ada pada flashdisk Anda dan itu harus Anda perbaiki ke service komputer. Tapi jika di komputer lain bisa terbaca ada dua kemungkinan, yang pertama pengaturan di laptop atau komputer Anda yang kurang tepat atau port USB Anda yang rusak.

Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca jika bukan port USB atau flashdisk yang rusak bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara yang pertama yaitu dengan cara manual. Berikut cara mengatasi flashdisk yang tidak bisa terbaca dengan cara manual

  1. Langkah pertama masukkan flashdisk pada prompt USB kemudian tunggu beberapa saat.Jika tidak terbaca langsung saja Anda buka control panel. Caranya klik start kemudian pilih control panel.
  2. Setelah control panel terbuka ganti mode menjadi klasik. Caranya klik pada tombol ‘Switch to classic’ atau klik ubah menjadi tampilan klasik.
  3. Setelah berubah menjadi mode klasik Anda akan menamakan menu Add hardware, kemudian klik menu tersebut. Setelah dipilih akan keluar kotak dialog, klik Next saja. Kemudian akan muncul dua pilihan yaitu ‘yes, I have already connected the hardware’ dan ‘No, I have not added already connected the hardware’. Pilih yes, karena sudah terhubung dengan flashdisk.
  4. Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca selanjutnya yaitu komputer akan secara otomatis mendeteksi keberadaan flashdisk. Jika sudah terdeteksi, maka flashdisk akan segera terdeteksi. Jika sudah terdeteksi menu selanjutnya Anda tinggal mengklik cancel. Jika masih tidak terdeteksi lanjutkan dengan pilih next dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Selain dengan menggunakan cara manual juga bisa dilakukan dengan menggunakan prompt. Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan menggunakan prompt command yaitu:

  1. Langkah yang pertama masukkan flashdisk pada komputer atau laptop. Kemudian buka command prompt, caranya klik start kemudian klik run lalu ketikkan CMD, dan ketikkan G: jika tersimpan di drive G.
  2. Kemudian ketikkan chkdsk/f, setelah itu akan muncul pilihan yes or no lalu ketikkan Y untuk memilih yes.
  3. Setelah itu akan muncul menu untuk restart ketikkan saja y dan biarkan restart. Setelah merestart jika sudah terdeteksi akan segera muncul tapi jika belum lakukan hal yang sama.

Sumber : disini

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 November 2015 in komputer

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
ArisRizkyGumara

Selamat Datang ..

mayasari31.com

Pilihan Ku Tanggung Jawab Ku

Herlawati

Looking for Statistics and Information System? Here’s Statistics and System Information for you!

%d blogger menyukai ini: